Visi dan Misi Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah Terpilih

Visi Pemerintah Provinsi Maluku Utara pada Tahun 2014-2019 adalah : "Maluku Utara CINTA 2019". Visi tersebut menjadi arah pembangunan 5 (lima) tahun ke depan menuju kondisi ideal yang diinginkan. Sesuai dengan visi tersebut maka Misi Pemerintah Provinsi Maluku Utara untuk periode 2014-2019, dijabarkan sebagaimana akronim kata Cerdas, Indah, Nikmat, Taqwa dan Aman sebagai berikut :

  • Membangun Masyarakat Maluku Utara yang memiliki kualitas hidup baik untuk dapat bekerja secara mandiri (Misi Cerdas).
  • Mendorong pertumbuhan, stabilitas dan pendistribusian pembangunan ekonomi secara adil dan merata serta peningkatan nilai tambah produksi melalui pemanfaatan sumber daya alam (SDA) secara berkelanjutan (Misi Indah).
  • Mempercepat Pembangunan Infrastruktur untuk menunjang pengembangan ekonomi wilayah (Misi Nikmat).
  • Membangun kehidupan beragama dan berbudaya yang menjadi inspirasi bagi kebangkitan di seluruh sektor kehidupan masyarakat Maluku Utara (Misi Taqwa).
  • Memperbaiki Tatakelola Pemerintahan Maluku Utara untuk mewujudkan pemerintahan yang bersih, melayani dan berwibawa (Misi Aman).

TUJUAN, SASARAN, STRATEGI, DAN KEBIJAKAN

Seperti yang sudah disampaiakan pada bab sebelumnya bahwa keterlibatan Bappeda Provinsi Maluku Utara dalam mendukung Visi Misi Gubernur dan Wakil Gubernur terpilih  sesuai dengan tugas pokok dan fungsi adalah pada  pada Misi ke 5 (lima) yaitu “Memperbaiki Tatakelola Pemerintahan Maluku Utara untuk mewujudkan pemerintahan yang bersih, melayani dan berwibawa (Misi Aman) denga tujuan misi ini adalah “terwujudnya reformasi birokrasi dan tata kelola pemerintahan secara efektif dan efisien” dan sasaran strategis RPJMD adalah “mewujudkan manajemen pemerintahan yang baik berdasarkan prinsip Good Government.

Untuk mewujudkan misi, tujuan dan sasaran RPJMD tersebut dengan melihat permasalah dan isu-isu stragis yang ada maka tujuan dan sasaran jangka menegah Bappeda Provinsi Maluku Utara adalah sebagai berikut :

  • Meningkatkan sinergitas dan koordinasi perencanaan pembangunan daerah. Untuk mencapai tujuan tersebut maka sasaran yang akan dicapai adalah :
    • Terselenggaranya proses perencanaan pembangunan daerah sesuai tahapan yang benar, dengan indikator saran adalah Persentase Perangkta Daerah yang telah memiliki dokumen perencanaan yang baik, konsisten dan selaras
  • Meningkatnya kualitas Pelaksanaan  pengendalian dan evaluasi perencanaan pembangunan daerah.
    Untuk mencapai tujuan tersebut maka sasaran yang akan dicapai adalah :
    • Meningkatkan kualitas pelaksanaan monitoring  evaluasi dan Pelaporan dengan indikator sasaran adalah Persentase PD yang telah telah  melakukan Monev dan pelaporan dengan baik
  • Menyediaakan data perencanaan yang aktual dan Valid yang dapat diakses masyarakat.
    Untuk mencapai tujuan tersebut maka sasaran yang akan dicapai adalah :
    • Meningkatkan kualitas  data perencanaan dengan indikator sasaran adalah Persentase data yang dapat disiapkan secara lengkap
  • Meningkatkan kesesuaian pemanfaatan ruang terhadap RTRW Kab/Kota dan RTRW Provinsi.
    Untuk mencapai tujuan tersebut maka sasaran yang akan dicapai adalah :
    • Terselenggaranya Peninjauan kembali RTRW Provinsi dan Kabupaten Kota dengan indikator sasaran adalah Presentase RTRW Provinsi dan Kabupaten/Kota yang dilakukan peninjauan kembali