Menko Kemaritiman Luhut B Panjaitan Ketika Memberikan arahan pada kegiatan Musrenbang Prov.Maluku dan Maluku Utara di atas Kapala KM Dorolonda.

Musrenbang tahun 2017 Dalam Rangka Penysunan RKPD Provinsi Maluku Utara Tahun 2018.

Pelaksanaan Musrenbangda Provinsi Maluku Utara tahun 2017 kali ini terasa berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Hal ini karena Musrenbang tahun 2017 dalam rangka penyusunan RKPD Provinsi Maluku Utara tahun 2018 dilaksanakan secara bersama-sama dengan Provinsi Maluku dan diselenggarakan diatas kapal KM Dorolonda dengan rute Rute Ambon-Ternate-Bitung-Ternate. Selama 3 hari dari tanggal 6 sampai 8 April 2017

Kebersamaan pelaksanaan kegiatan Musrenbangda antara dua Provinsi ini didasari pada semangat untuk menyambung kembali hubungan antara dua provinsi tetangga dan hubungan antara provinsi induk (Maluku) dan provinsi hasil pemekaran (Maluku Utara). Disamping menjalin hubungan baik tersebut, kedua provinsi ini menyadari bahwa tantangan kedepan yang dihadapai baik secara regional maupun nasional sangatlah berat, untuk itu kerjasama antara kedua provinsi ini harus dapat dijalin dengan baik, mengingat kateristik wilayah serta permasalahan pembangunan di dua provinsi ini sangat mirip, keduanya merupakan provinsi kepulauan dengan laus laut yang dominan serta keterbatasan infra dan subrastruktur wilayah juga pada posisi yang sama. Untuk itu konekteivitas antara kedua provinsi ini harus dapat dibangun untuk kemudian bersinergi dalam menghadapi tantangan pembangunan kedepan. Untuk itu isu-isu strategis tentang permasalahan pembangunan dari kedua provinsi ini diharapkan dapat memberikan gaung serta resonansi yang lebih kuat seh8ngga dapat mempengaruhi kebijakan pembangunan nasional dalam hal ini repon pemerintah terhadap permasalahan pembangunan di kedua daerah ini. 

Tema Musrenbang tahun 2017 adalah“Mendorong Pertumbuhan Wilayah Melalui Peningkatan Investasi, Perluasan Pelayanan Infrastruktur Dan Kualitas Sumberdaya Manusia”. 3 (tiga) agenda prioritas pembangunan, yaitu : (1). Peningkatan Kualitas Sumber Daya Manusia; (2). Pembangunan Ekonomi; (3). Percepatan Pembangunan Infrastruktur; Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik

Musrenbang tahun 2017 ini diiukuti oleh Gubernur Maluku dan Maluku Utara,  serta seluruh jaran Perangkat Daerah kedua Provinsi,  Bupati/Walikota  dan Bappeda Kabupaten Kota kedua provinsi dan juga Unsur Kemeterian Lembanga yang diundang untuk menyampaikan materi, selain itu ada juga beberapa bupati/Waikota yang di daulat untuk menyampaikan materi terkait dengan permasalah pembanguan di kabuten tersebut. Kegiatan musrenbang tahun 2017 ini juga terasa spesial dengan hadirnya bapak Menko Kemaritiman Luhut B Panjaitan yang hadir dan memberikan sambutan pada saat Kapal KM Dorolonda bersandar di Pelabuhan Bitung. Beberapa Kementerian Lembaga yang hadir langsung pada kegiatan musrenbang tahun 2017 adalah , Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman, Kementerian PPN/ BAPPENAS, Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Keuangan, Kementerian Pariwisata, Kementerian Kelautan & Perikanan, Kementerian ESDM, Kementerian Perhubungan, Kementerian PUPR. Sedangakan narasuber dari daerah adalah : Bupati Pulau Morotai, Bupati Halmahera Timur, Bupati Halmahera Selatan, Bupati Maluku Tenggara Barat, Bupati Kepulauan Aru, Bupati Maluku Barat Daya.

©BappedaMalutProv