Manado Juarai Turnamen Mancing Internasional WIFT 2017

EPUBLIKA.CO.ID, LABUHA -- Perhelatan turnamen mancing internasional ‘Widi International Fishing Tournament (WIFT) 2017 telah berakhir pada Ahad (29/10) setelah berlangsung selama lima hari sejak dibuka Menko Kemaritiman Luhut Pandjaitan pada Senin (25/10) lalu. Tim ‘Mancing Mania Manado’ berhasil menyabet Piala Bergilir Piala Presiden RI dan berhak atas hadiah sebesar Rp 100 juta.

Gubernur Maluku Utara, Abdul Gani Kasuba, menyerahkan langsung piala bergilir Presiden RI dalam acara penutupan di Pelabuhan Laut Babang, Labuha, Kabupaten Halmahera Selatan, Provinsi Maluku Utara pada Ahad (29/10) malam waktu setempat. ‘Mancing Mania Manado’ keluar sebagai juara WIFT 2017 setelah mengumpulkan 221.35 poin. Pada hari pertama lomba, tim ini langsung mampu mendapatkan Billfish (ikan berparuh) yang dikenal sebagai ikan petarung.

Tim Harvest menyusul di posisi kedua dengan 210 poin dan berhak membawa hadiah tunai Rp 50 juta. Tiga posisi berikutnya diisi oleh Bluefin (100 poin), AS Fishing (21,95 poin) dan ZFC Bali (21,95 poin). Ketiganya masing-masing mendapat hadiah uang tunai sebesar Rp 30 juta, Rp 25 juta dan Rp 15 Juta.

Sementara, kategori juara harian diraih oleh Harvest (hari pertama) dan Bluefin (hari kedua). Masing-masing berhak atas hadiah uang senilai Rp 10 juta.  

Harvest juga memenangkan kategori bergengsi yakni Billfish. Mereka mengumpul 200 poin dan mendapatkan hadiah uang senilai Rp 50 juta.

Kategori lomba lainnya yakni spesies tuna yang dimenangkan Tim Lamail FC dengan 11,94 poin. Tim AS Fishing berhasil memenangkan kategori spesies tenggiri dengan 11,45 poin. Sedangkan, kategori spesies Lemadang tidak ada pemenangnya.

Selain menjadi juara umum, tim Mancing Mania Manado juga memenangkan kategori spesie Kuwe dengan 21,35 poin. Di kategori spesies Kurisi & Kakap, tim Bahtera Sultra Mancing yang keluar sebagai pemenangnya dengan 17,30 poin. Juara kategori Spesies Lainnya diraih oleh tim Kendari Fishing Adventure.

Hasan Iqbal terpilih sebagai kapten terbaik. Nakoda tim ‘Mancing Mania Manado’ itu berhak membawa pulang hadia uang sebesar Rp 10 juta.

Dari catatan hasil tangkapan para peserta, total ada sebanyak 24 ikan yang berada di atas 10 kg. Ikan Giant Travelly terbanyak dengan jumlah 13 ekor dan berat berkisar 10-18 kg. Sementara, ikan jenis Bilfish ada sebanyak empat ekor yang tag and release.

©BappedaMalutProv