Peserta Bimtek e-Planning Bappeda Prov Malut bersama tim BPKP Perwakilan Malut sebagai Narasumber

Bimtek e-planning Bappeda Provinsi Maluku Utara tahun 2017

Implementasi pelaksanaan e-planning pemerintah daerah Proviinsi Maluku Utara tahun 2017 yang dilaksanakan oleh Badan perencanaan Pembangunan Daerah Provinsi Maluku Utara memasuki babak baru. Hal ini ditandai dengan adanya hibah aplikasi e-planning oleh Badan Pemeriksa Keuangan dan Pembangunan (BPKP) perwakilan Maluku Utara kepada Bappeda provinsi Maluku Utara sebagaimana surat Kepala BPKP perwakilan Maluku Utara nomor Nomor S-826/PW33/3/2017.

Menindaklanjuti hal tersebut maka pada tanggal 27 sampai 28 November 2017, bertempat di Kantor BPKP perwakilan Maluku Utara- Ternate diadakan Bimtek  Simda perencanaan (e-planning) bagi staf Bappeda Provinsi Maluku Utara oleh staf BPKP Perwakilan Maluku Utara sebagai pemateri. Bimtek tersebut diikuti oleh 20 orang staf Bappeda provinsi Maluku Utara sebagai peserta dan dibimbing oleh 5 orang staf BPKP perwakilan Maluku Utara.

Bimbingan teknis ini akan memberikan pemahaman kepada staf Bappeda provinsi Maluku Utara tentang cara pengoperasian simda perencanaan (e-planning) baik untuk penginputan dokumen RPJMD, Renstra PD maupun dokumen RKPD dan Renja PD yang merupakan dokumen tahunan.

Lebih jauh lagi iplementasi pelaksanaan e planning diharapkan dapat memberikan dampak bagi peningkatan kinerja Bappeda sebagai perangkat daerah yang bertanggungjawab terhadap penyusunan rencana pembangunan daerah dan dengan e-planning maka pelaksanaan perencanaan pembangunan di daerah dilaksanakan tepat waktu, tepat mutu, dan tepat sasaran. memastikan masukan dan keluaran terhadap pelaksanaan kegiatan akan terukur sesuai dengan tujuan dan sasarannya, memastikan rencana penganggaran konsisten dan berkelanjutan, memastikan konsistensi antara perencanaan dan penganggaran. mempermudah pelaksanaan monitoring dan evaluasi terhadap perencanaan pembangunan daerah, serta mendukung tata kelola pemerintahan yang baik (Good Governance).

©BappedaMalutProv